Rabu, 12 November 2008

Murid-Murid Yohanes Menjadi Murid Yesus (Yohanes 1:35-51)

Dalam catatan firman Tuhan dalam Yohanes 1:35-51 menjelaskan Mesias sudah tiba, dan Yohanes sudah pensiun. Dia mengarahkan murid-muridnya pada Allah sendiri. Andreas sebelumnya merupakan murid Yohanes tetapi sekarang menjadi pengikut Yesus. Kemudian Andreas membawa Simon, saudaranya untuk melihat Yesus. Namun sebelum Andreas memperkenalkan saudaranya, Yesus sudah mengetahui namanya, dan mengenalnya sebagai Simon - anak Yohanes. Ini merupakan satu bukti kemahatahuan Yesus. Yesus memberikan perhatian khusus dengan Simon, dan memberinya nama baru yaitu Kefas (Aram) yang berarti Petrus (Yunani) artinya “batu.”

Nama yang lain adalah Filipus. Yesus memasukkan namanya sebagai salah satu dari dua belas muridNya. Kemudian Filipus menemukan Natanael dan memberitahukan padanya berita baik, “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi” (Yoh 1:45). Filipus mengenal Yesus sebagai Mesias yang diberitakan Musa dan para nabi (dalam Perjanjian Lama). Yesus adalah Nabi seperti Musa seperti dicatat dalam Ulangan 18:15, dan Juruselamat yang menderita seperti dicatat dalam Yesaya 53. Yesus juga menunjukkan kemahatahuanNya dalam pertemuanNya dengan Natanael. Dia mengetahui segala sesuatu mengenai Natanael ketika Dia melihatnya di bawah pohon ara sebelum Filipus memanggilnya. Oleh karena itu Natanael mengakui Yesus sebagai Mesias yang dijanjikan Allah “Anak Allah” (ref. Daniel 3:25), dan “Raja Israel” (Yesaya 44:6).

Sementara murid-murid itu penuh keheranan atas kebesaran Mesias ini, Yesus memberitahukan bahwa mereka dapat berharap melihat hal-hal yang lebih besar lagi. Yesus berkata, “Sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia” (Yoh 1:51). Dalam kehidupan Kristus kita dapat melihat kemulian Yesus dalam beberapa kesempatan meskipun itu singkat. Pada kesempatan seperti itu, sorga terbuka dan malaikat-malaikat turun melanyaniNya. Kesempatan seperti ini juga terjadi pada saat baptisanNya dan sesudah masa pencobaanNya (Matius 2:13-4:11). Hal lain, yang akan datang adalah ketika Yesus dimuliakan di atas gunung (Mat 17:1-9), pada penderitaanNya di taman Getsemani (Lukas 22:39-46), pada kebangkitan (Mat 28:1-7) dan kenaikanNya (Kis 1:1-11).

Tidak ada komentar: