Minggu, 03 Agustus 2008

Pengumuman Kelahiran Yesus Kepada Maria

Malaikat Gabriel mengumumkan kelahiran Kristus kepada Maria dan Yusuf pada kesempatan yang berbeda. Pengumuman ini pertama kali diberitahukan pada Maria (Lukas 1:26-38) dan kemudian kepada Yusuf (Mat 1:18-2 5).

Kepada Maria (Lukas 1:26-38)

Malaikan Gabriel memberitahukan pada anak dara Maria bahwa dia akan mengandung seorang anak yaitu Yesus, Juruselamat, melalui kuasa Roh Kudus (Lukas 1:31, 35, Mat 1:18). Dia akan mengandung ketika dia masih sebagai anak dara (virgin). Proses mengandung dan melahirkan di sini berarti supernatural (ajaib). Kelahiran bayi yang dikandung Maria harus bersifat extraordinary dan mujizat. Malaikat Gabrial memberitahukan Maria untuk tidak heran dengan semua ini karena bayi yang dikandungnya, “Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan” (Lukas 1:31-35). Namun demikian Nubuat malaikat Gabriel ini bukanlah yang baru. Gabriel di sini hanya mengulang kembali apa yang nabi Yesaya telah katakan dalam Yesaya 9:5-6, “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.”

Perlu dicatat bahwa Elisabet yang sudah mengandung Yohanes selama 6 bulan adalah sanak (sepupu) Maria (Lukas 1:36). Oleh karena itu Yohanes 6 bulan lebih tua dari Yesus.

Tidak ada komentar: